Ruang Kerja Audio Designer

workspace kantor

workspace kantor

Beginilah kehidupan saya sehari-hari di kantor, ditemani sebuah layar monitor, sepasang speaker monitor, midi controller dan sepasang mouse dan keyboard. Dan sebuah PC. Dan dua pasang earphone. Dan beberapa software musik beserta instumen digitalnya. Dan.. *apa lagi ya?*

Mungkin sekarang bahas hardware-nya dulu aja kali ya? Jadi yang paling berperan penting untuk bikin musik dari gambar di atas (menurut saya) tentu saja midi controller (yang bentuknya mirip banget sama keyboard/orgen). Midi controller ini fungsinya adalah sebagai alat bantu untuk memainkan instrumen-instrumen digital yang ada di PC, atau biasanya disebut VST instrument.

VST (Virtual Studio Technology) ini adalah teknologi bikinan Steinberg yang memungkinkan kita untuk memainkan suara instrumen musik di PC. Sebenernya bukan Steinberg doang yang bikin beginian, ada RTAS (Real Time Audio Suite) bikinan Digidesign, AU (Audio Unit) bikinan Apple, mmm, trus apa lagi ya? Ntar aja lah, ini kan mau bahas hardware.

Midi controller yang saya pake ini judulnya m-audio keyrig49, soalnya tutsnya ada 49 biji dan dibikin oleh m-audio. Ini termasuknya sih midi controller kelas bawah, dan ini adalah midi controller pertama gw, dari tahun 2010 blom ganti. Kenapa ngga diganti? Karena gw rasa belom saatnya diganti sih, masih cinta dan masih berfungsi dengan baik dan dapat menyalurkan nada-nada yang ada di kepala ke PC. Feel waktu mencet tuts si keyrig ini emang cuma kaya mencet keyboard biasa, ngga kaya mencet tuts piano, tapi itu ngga terlalu masalah buat gw, walaupun ada beberapa temen gw yang mempermasalahin hal ini, jadi ya kalo mau milih midi controller ya di tes aja sendiri di tokonya, gw juga gitu kok, sama mas penjaga tokonya sempet ditodong untuk mainin beberapa lagu, sampe akhirnya buru-buru milih keyrig49 ini dan cabut dari toko tersebut, untung awet sampe sekarang.

Terus, kedua yang paling penting (menurut saya) adalah speaker monitor, di kantor pakenya Samson Media ONE 4a. Kenapa speaker monitor dan bukan speaker ak*ri/konik*? Speaker monitor adalah speaker yang memproduksi suara dari soundcard tanpa ditambah lagi efek-efek kaya equalizer dan lain-lain, jadi suara yang dihasilin bener-bener asli suara dari soundcard. Jadi misal kalo dites nyalain frekuensi 80Hz dari PC maka yang keluar dari speaker monitor juga harus 80Hz dan lain sebagainya. Kenapa harus gitu? Karena kalo kita mixing pake speaker yang lain, misal ak*ri, maka hasil mixing kita itu hanya akan terdengar enak kalo di-play lagi pake ak*ari tersebut, karena bisa jadi 80Hz yang dibunyiin sama si ak*ri ngga beneran 80Hz. Jadi walaupun penjelasan gw rada belibet, pokoknya speaker monitor ini penting ya temen-temen.

Dan satu lagi yang ngga kalah penting (menurut saya), yaitu ruangan yang di-treatment, yaitu ruangan yang didesain untuk bermusik, semacem studio musik gitu lah. Kalo mau bener bikin ruangan yang di-treatment dengan baik, dengan itungan-itungan yang pas dan dengan bahan-bahan kualitas bagus tentu biayanya juga harus bagus. Tapi kalo temen-temen mau nyoba yang DIY (Do It Yourself) juga udah banyak yang bikin guide-nya, tapi ya hasilnya bisa jadi ngga sebanding sama yang mahal, tapi bisa cukup fungsional. Selain bikin musik di kantor gw suka bikin musik di rumah juga, dan studio di rumah gw bisa dibilang di-treatment ala DIY, nanti kapan-kapan gw coba post.

in-ear monitor

in-ear monitor

Tapi karena ruangan di kantor belum di-treatment dengan baik maka yang bisa saya andalin adalah sebuah in-ear monitor bikinan Sony-Ericsson (!?!) Dan kalo kalian berpikir bahwa Sony-Ericsson itu adalah sebuah merk handphone kalian ngga salah kok, karena in-ear monitor gw ini hadiah dari beli hp Sony-Ericsson W580 kapan tahun. Dan alasan gw milih ini karena noise cancellation-nya oke banget jadi suara-suara dari luar bisa diredam dengan baik dan frequency response-nya cukup luas, lumayan bisa diandalkan sih, dan alasan utamanya si sebenernya karena baru punya ini doang, hiks.. Sebenernya ada satu lagi sih heaphone Philips SHP1900, tapi udah ngga recommended banget buat gw.

Jadi itulah kira-kira tiga senjata saya di kantor untuk bikin musik:

  1. Midi controller: M-Audio KeyRig49
  2. In-ear monitor Sony-Ericsson
  3. Samson Media ONE 4a *

*) Turun jadi peringkat 3 karena jarang dipake xD

Makasi teman-teman,

Have a nice day! :)

4 responses to “Ruang Kerja Audio Designer

komentar